0

BEDA ITU BIASA AJA KALI...

Posted by Santosa-is-me on 5:32 PM in
Tiap mau masuk Ramadhan ada satu hal yang selalu bikin kita bertanya-tanya : Kapan kita bakal mulai puasa. 

Ribetnya adalah penentuan awal Ramadhan itu cuma bisa dilakukan pas hampir masuk waktu maghrib menjelang bulan baru. Padahal biasanya, kalo emang jadi besoknya puasa, di waktu Isya-nya orang-orang udah pada mulai taraweh. Mana kadang-kadang sidang Istbatnya (sidang buat nentuin kapan 1 Ramadhan) baru selesai setelah lewat waktu Isya.
Jadi, besok pada puasa nggak nih pak?
Tapi itu masih mending. Yang nggak enak itu adalah kalo ternyata umat Islam di Indonesia harus berbeda. Untuk tahun ini, sebagian ada yang udah mulai dari hari selasa, 9 Juli kemaren (mungkin ini yang berasa keren itu anti mainstream), dan ada juga yang mulainya baru besoknya sesuai dengan ketetapan menteri agama (ini yang merasa biar mainstream tetap bisa keren). 

Nah berhubung gue anak Metal (bukan metal musik itu, yang ini melayu total). Dan masih labil antara pengen setia jadi penggemar musik anti mainstream atau ikutan ngefans dengan JKT-48. Maklum, mereka unyu-unyu banget (nggak nyambung). Plus, gue nggak ngerti tata cara penetapan Ramadhan, jadinya gue ngikutin kapan puasa orang rumah aja (alasan sebenarnya sih karena malas masak sendiri kalo sahurnya beda dengan orang rumah). 
Kalo JKT-48 puasa hari apa?
Tapi, ngomong-ngomong soal perbedaan yang udah tahunan kali terjadi ini, mudah-mudahan nggak bikin umat Islam sampai terpecah belah ya... Kalo kata ulama beken Ucup Qordhowi (Yusuf Qordhowi maksudnya), "Mari berkerja sama dalam hal yang disepakati, dan saling menghormati dalam hal yang tidak disepakati." Yang penting ada rujukannya. Mau ikut yang manapun bolehlah. Ya, walaupun gue, sebagai masyarakat awam, lebih suka kalo kita bisa puasa bareng. Nggak beda-beda. Nggak bikin bingung juga. Tapi yang jelas gue lebih suka kedamaian. Jadi peace yo... jangan berantem gara-gara mulai puasanya beda. 

Yah, paling nggak kayak sikap yang diambil emak gue deh menghadapi perbedaan. Kata emak gue, nggak masalah mulai puasanya beda, yang penting lebarannya bareng. Sungguh mantap emak gue. Beliau emang visioner. Ramadhan baru mulai, pemikirannya sudah sampe ke lebaran
Puasanya boleh beda, yang penting mudiknya sama

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.