0

PELAJARAN MENGARANG

Posted by Santosa-is-me on 3:50 PM in
Sekarang udah masuk musim liburan. Anak-anak sekolah pada mulai libur sekolah. Nggak ada lagi ceritanya harus bangun pagi-pagi. Nggak musti lagi kejar-kejaran dengan pagar sekolah ditutup. Nggak mesti belajar metematika dan buru-buru nyalin PR teman karena lupa dikerjain di rumah. Dan nggak harus lagi tidur di kelas waktu jam pelajaran PPKN. Tapi sialnya, gue udah bukan anak sekolah lagi.

Kalo jaman gue dulu, menjelang libur sekolah adalah saat-saat yang menyenangkan. Berasa bebas dari yang namanya sekolah (ini sekolah apa penjara?). Dan kalo udah masuk masa liburan, semua orang jadi punya rencana beragam buat liburan. Ada yang balik kampung. Ada yang nginep di tempat sodara atau Mbahnya. Atau ada juga yang sengaja pergi liburan ke tempat-tempat wisata. Lha gue? Karena udah nggak punya mbah, dan males pulang kampung, serta nggak punya uang, biasanya kerjaan gue selama liburan cuma satu : nonton TV.

Sahabat gue, ketika liburan...
Tapi ada satu hal yang suka bikin liburan jadi nggak enak, yaitu waktu masuk. Bukan, bukan cuma karena harus balik masuk sekolah lagi. Karena kalo terlalu lama libur kadang-kadang gue jadi rindu sekolah juga (ya, aneh memang). Tapi karena ada satu pelajaran yang entah kenapa selalu ada pas habis masuk sekolah, pelajaran mengarang.

Gue sebenarnya suka sekali mengarang. Terutama kalo pas ulangan matematika. Tapi biasanya, setelah baru masuk habis liburan, guru Bahasa Indonesia gue entah kenapa jadi kepo banget. Dia, maksa-maksa nyuruh gue dan temen-temen gue buat bikin karangan tentang apa yang dilakukan pas liburan. Sampe sekarang gue masih nggak ngerti tujuannya apa. Mungkin guru gue dulu itu punya usaha sampingan bikin travel agent. Dan dia lagi nyari muridnya yang bisa di prospek tahun depan.

Bakat alam gue, ngarang pas ujian...
Nah, bagi temen-temen gue sih sepertinya mereka nggak masalah, kerena mereka mungkin punya cerita ngapain aja pas liburan. Ada yang ke tempat sodara, mbah, liburan, atau apa aja. Kalo gue? Masa iya gue cerita kalo gue setiap pagi nonton Doraemon. Siangnya nonton infotainment, dan malamnya tidur. Apa kerennya coba?

Karena itu gue selalu ngarang cerita sendiri. Padahal gue nggak pernah ke sana. Jangan heran kalo ceritanya jadi asal, perginya ke mana ceritanya tentang apa. Pergi ke Bali buat berenang di danau toba, atau jalan-jalan ke Jakarta makan gudeg. Akibatnya gue keliatan keren banget. Sering jalan-jalan kemana-mana. Nggak salah juga kan? Namanya juga pelajaran mengarang, ya gue ngarang aja. Cuma bodohnya, ada aja temen gue yang percaya dan nitip oleh-oleh ke gue (walau nggak pernah gue beliin juga).

Tebak, ini di Bali atau danau Toba?
Jadi, bu guru bahasa indonesia , gue mohon maaf sebesar-besarnya, gue nggak bermaksud bohong. Gue cuma nggak mau kelihatan cupu. Tapi bagi gue, liburan terbaik emang di rumah, ngebantu orang tua, bersih-bersih rumah. So kalaupun, liburan nggak bisa kemana-mana, santai aja, nanti pas masuk tinggal karang aja. Namanya juga pelajaran mengarang.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.