4

ARTI SEORANG CHEF

Posted by Santosa-is-me on 11:05 AM in
Gara-gara acara masak yang menjamur di televisi, istilah chef sekarang jadi populer banget. Pokonya semua tukang masak yang nongol di tv semua disebutnya pake sebutan chef. Chef anu. Chef itu. Semua jadi bergelar chef. 

Gue sebenarnya rada bingung dengan sebutan Chef ini. Kalo jaman dulu, ada yang namanya istilahnya koki. Kalo koki ini jelas adalah tukang masak. Pake topi putih yang panjang ke atas, pake celemek, dan jaman dulu yang paling terkenal palingan cuma Rudi Choirudin. 
Chef tiada tanding, tiada banding...
Mungkin barang kali karena istilah koki itu entah gimana menurut gue nggak jauh-jauh amat dari pembantu (atau pacaran dengan pembantu), orang-orang sekarang manggil yang tukang masak dengan sebutan chef. Tadinya gue fikir, chef itu bahasa inggrisnya koki. Tapi ternyata nggak, soalnya bahasa inggrisnya koki itu cook. 

Lalu apa dong arti chef itu. Setelah ngobrol-ngobrol sama temen gue, baru gue tau bahwa arti chef itu adalah orang yang memimpin suatu grup koki atau secara sederhananya kepala dapur di sebuah restoran atau hotel. Jadi nggak sembarang orang bisa dipanggil dengan sebutan chef. Emak gue, udah pengalaman masak bertahun-tahun, tapi belom bisa dipanggil dengan chef. Soalnya dia masak cuma untuk orang rumah gue. Lagian berasa aneh aja kalo gue manggil emak gue dengan panggilan chef. 

Karena itu, seorang chef nggak cuma punya skill masak doang. Dia juga harus punya skill komunikasi, manajemen waktu, manajemen bahan masakan, dan juga manajemen sumber daya manusia alias ngaturin para koki-nya. Dan yang pasti seorang chef harus punya leadership yang bagus. 

So, nggak sesederhana itukan buat dapet panggilan chef. Tukang sate yang lewat depan rumah nggak serta merta dia bisa dipanggil chef lantaran dia bisa masak sate. Ada skill dan kemampuan yang harus dipelajari dan dikuasai dulu buat bisa dipanggil chef. Bahkan kalo perlu ikut sekolahnya dulu. 
Lebih jago dari Jacky Chan...
Kalo jaman dulu cuma ada Rudi Choirudin yang mau ngaku tukang masak, sekarang mah udah banyak yang ngaku-ngaku sebagai chef. Gayanyapun macam-macam. Mulai dari yang cakep dan cantik, yang pake gaya kungfu, yang diimpor langsung dari Jepang, sampai yang tatoan dan bergaya mohawk. Semuanya udah bergelar chef. Meski gue nggak begitu yakin sih apa semuanya emang beneran chef yang seperti gue jelasin tadi. 

Dan karena sekarang acara masak banyak di televisi, artinya banyak penonton yang menyukai acara masak ini. Yang bikin gue jadi penasaran adalah apakah yang nontonnya itu nge-praktekin masakan di acara tersebut? Atau cuma doyan ngeliat para chef-nya yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik itu? 
Liatin masakannya apa yang masaknya?


4 Comments


Oooh.. baru tau kalo chef itu artinya begitu. kirain sama aja kaya koki ^^ :DD

koki juna. wkwk


hehehe... karena itu nggak semua koki itu chef..


goodluck to chef indonesia


@agus thanks udah mampir...

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.