0

KERIANG BANDONG

Posted by Santosa-is-me on 9:09 AM in
Di tempat gue, tiap udah lewat hari kelima belas Ramadhan, ada satu hal yang khass banget selain sotong pangkong (buat yang nggak tau, ini adalah cumi kering yang dibakar terus dipukul-pukul pake martil, sedap...). Yaitu Keriang bandong. 

Gue yakin, tradisi satu ini juga ada di daerah-daerah laen. Mungkin cuma namanya aja yang beda. Tapi yang pasti menyalakan penerangan di malam-malam terakhir ramadhan adalah salah satu tradisi yang kayaknya ada di hampir seluruh daerah Indonesia yang penduduknya muslim. 
 
15 hari terakhir Ramadhan, makin meriah....

Jaman gue kecil dulu, bapak gue juga sering memasang keriang bandong ini. Cuma karena kepengennya nggak mau ribet, bapak gue dan juga kebanyakan orang ngeganti keriang bandong ini dengan lampu kelap-kelip warna. Apalagi sekarang harga minyak tanah juga makin mahal. Belum lagi bikinnya itu lumayan ribet. Cuma gue heran, entah kenapa lampu kelap-kelip yang bapak gue beli selalu rusak selepas lebaran. Apakah lampu ini dibuat cuma sekali pakai? Gue nggak tau. 

Bagi gue tradisi satu ini lumayan asyik. Suasana menjelang ramadhan jadi makin meriah. Bahkan bukan cuma di rumah-rumah dan masjid, tidak jarang jalan-jalan juga dikasih keriang bandong dan lampu warna-warni. Ada yang dibuatkan gapura-gapura yang dikasi lampu kelap-kelap ini. Atau keriang bandong yang disusun-susun bertingkat. Pokoknya kreatif deh. 

Kalo kata temen gue, tujuan awal tradisi ini adalah biar anak-anak jadi rajin taraweh. Maklum jaman dulu kan lampu nggak banyak, jadi kadang-kadang anak-anak takut pergi dan pulang taraweh kemaleman. Biar nggak takut, dibuatlah keriang bandong ini banyak-banyak biar terang dan mereka nggak takut lagi. Tapi ada juga yang temen gue yang dodol bilang kalo keriang bandong itu buat ngundang malaikat datang kerumah. Gue sih nggak percaya, masa malaikat diundang pake yang begituan segala. 
Komplek-komplek jadi warna-warni
Rumah gue sendiri sih udah lumayan lama nggak masang baik Keriang bandong atau lampu kelap-kelip ini. Bukan apa-apa sih, cuma males aja mau nyari lampunya dan masanginnya. Maklum, gue kalau di ramadhan sibuk banget ibadah (iya, ini cuma alasan aja, ibadah gue emang nggak sehebat itu). Lagian sekarang lampu udah di mana-mana, jalan-jalan terang benderang, ntar keriang bandongnya malah minder. 

Tapi, sejak pindah ke rumah sekarang, tradisi masyarakat di dekat rumah gue ini masih memasang keriang bandong. Yang tradisional malah, pake botol, di kasih sumbu dan pake minyak tanah. Hebatnya mereka bikin gapura berbentuk mesjid dan keriang bandongnya disusun ngebentuk masjid. Keren banget. Tradisi ini sempet hilang beberapa tahun kemaren, cuma tahun ini diadain lagi. Sayangnya kalo dulu di sepanjang jalan juga ada dibuat, sekarang udah nggak ada. Mungkin emang minyak tanah harganya mahal kali. 
Tepat di depan gang gue...
Yang gue nggak bisa bayangin, ini yang nyalain pasti rajin banget. Tiap hari musti manjat dan nyalain keriang bandong-keriang bandongnya.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.