0

NAMANYA JUGA LEBARAN

Posted by Santosa-is-me on 7:14 PM in
Lebaran pasti spesial dong. Udah sebulan puasa, kata-kata orang ini adalah saatnya kemenangan. Tapi emang sih, gue harus akui, lebaran itu lebih tepatnya saat-saat kemenangannya anak-anak kecil. Hm... gue jadi teringat jaman gue bocah dulu. 

Buat para bocah, termasuk gue bertahun-tahun dulu, lebaran itu artinya banyak duit, beli mainan dan air kaleng. Pas lebaran inilah anak-anak bisa punya duit banyak banget. Pas lebaran kemaren ini, adek-adek gue bisa sampe ngumpulin duit hampir segaji gue sebulan. Entah gue nggak ngerti juga, apa gaji gue-nya yang kekecilan atau emang adek gue yang dapet banyak di lebaran ini. 
 
Di lebaran, adek gue yang SMP lebih kaya dari gue...

Nah, ketika uang banyak ini, bocah-bocah ini pasti ngabisin duitnya buat beli mainan. Jaman gue dulu suka beli pistol-pistolan. Selain itu zaman gue dulu, juga sering banget beli komik pas lebaran. Tapi kalo anak jaman sekarang udah rada beda. Adek gue, dengan uang lebarannya kepengen beli smartphone dan gadget baru. Waduh, gila ya anak-anak jaman sekarang. 

Dan satu lagi yang biasanya cuma ada pas lebaran itu adalah minuman kalengan. Entah siapa yang mulaiin, tapi yang pasti jaman sekarang, tanpa air kaleng lebaran berasa nggak lengkap. Padahal sih kayaknya nggak ada hubungannya deh... yang pentingkan puasanya. 
Anak zaman sekarang sadis...
Tapi ada satu permainan yang mungkin cuma ada dimusim minuman kaleng lagi bertebaran seperti waktu lebaran. Namanya di tempat gue disebut "Tapok Kaleng." Entah apakah di daerah lain juga ada atau nggak. Yang pasti permainan ini mirip dengan petak umpet. Hanya yang membedakan adalah menghitungnya bagi yang jaga diganti dengan menyusun kaleng-kaleng bekas minuman yang dijadikan bagian permainan. Buat yang sembunyi, jika kepengen buat yang jaga jadi jaga lagi, cukup hancurkan kaleng-kaleng yang disusun tersebut. 

Bagi gue, permainan ini cukup menzholimi yang jaga. Maklum yang jaga kerjannya susah banget, nyusun kaleng-kaleng, terus nyariin anak-anak yang sembunyi. Kadang-kadang ini jadi dilema banget, maklum kaleng-kalengnya harus dijaga sementara anak-anak sembunyinya jauh-jauh. Dan paling apes kalo tuh susunan kaleng ada yang nendang. Yang jaga bakalan nelangsa, dan yang nendang itu keliatan bahagia banget. Emang deh, dari kecil aja kita udah diajarkan untuk bahagia diatas penderitaan orang laen. 

Berpotensi merusak silaturahmi, makanya cuma dimainin pas lebaran
Cerita begini kadang-kadang bikin gue kepengen balik ke masa kecil gue. Karena beneran lho, buat anak kecil, lebaran itu berasa spesial banget. Hari kemenangan mereka. Tapi buat orang dewasa mah bisa macem-macem. Dan buat gue juga rasanya macem-macem juga. Terutama karena sekarang gue bukan anak-anak lagi. Udah nggak dapet duit banyak lagi. Malahan dimintain duit sama adek-adek dan keponakan. 

Yah, mau gimana lagi, namanya juga lebaran.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.