4

NGE-JAZZ ITU BERAT

Posted by Santosa-is-me on 4:44 PM in
Hehehe gue sebenarnya suka jazz. Musiknya asyik dan enak. 

Cuma gue nggak begitu ngikutin dunia per-jazz-an baik di Indonesia atau di luar negeri. Karena itu, waktu kemaren temen gue di radio minta tolong gantiin dia siaran program musik jazz, gue fikir temen gue ini telah salah memilih orang. 

Bener aja, pas siaran gue rada kagok buat ngomongin jenis musik yang satu ini. Banyak musisinya yang nggak gue kenal. Maklum pengetahuan gue soal musisi jazz nggak lebih dari Raisa, Maliq & deEsential, Raisa, Citra Scholastika, Raisa dan Indra Lesmana (iya, emang mainstream semua). Selebihnya gue cuma pernah dengar namanya doang. Malah sebagian ada yang gue nggak pernah dengar sama sekali. 
Fahamkan, kenapa cuma dia penyanyi Jazz yang gue tau...

Untungnya ada temen siaran gue yang seperti tau segalanya soal musik Jazz. Akhirnya dialah yang banyak milihin lagu-lagu buat diputer. Terutama lagu-lagu yang lama-lama dan dari jaman bahuela. Kalo yang kontemporer kayak Michaele Buble atau Indra Lesmana, gue masih tau lagu-lagunya. 

Tapi, ikut siaran jazz kemaren lumayan ngebuka wawasan gue soal musik jazz. Gue jadi tau soal salah seorang legenda Jazz tanah air, si bung Ireng Maulana. Juga jadi kenal dengan musisi-musisi jazz luar macam Level 42, Basia, Dave Koz, dll. Gue juga jadi tahu lagu "Fly Me to the Moon," itu lagunya Frank Sinatra dan Nat King Cole itu lagunya nggak cuma L.O.V.E. 
 
Ireng Maulana, punya bakat jadi pejabat kayaknya...

Siplah, pokoknya gue seneng-seneng aja dengan musik Jazz. Di dengarnya enak, dan bisa dinikmati sambil nyantai. Kadang-kadang ada juga yang berat sih, penuh tekhnik dan improvisasi. Konon katanya, nonton langsung pertunjukan jazz bisa bikin kita melotot kagum dengan aksi panggungnya. Dan sampe sekarang gue masih berharap bisa nonton pertunjukannya Trio Lestari (konon aksi panggung mereka menghibur abis).

Tapi gue masih nggak ngerti, gimana cara ngebedain musik Jazz sama blues, soul dan segala subgenrenya yang seabreg itu. Gue musti masih banyak belajar lagi soal Jazz ini. Selama nggak disuruh main musik Jazz aja. Kalau itu mah berat. Soalnya kemampuan memainkan alat musik gue nggak lebih baik dari kemampuan ngetwitnya pak SBY.



Satu-satunya yang gue bisa, dan masih belum lancar...

4 Comments


Ihiy! Suka banget nih tulisan kaya gini. Jujur tapi cerdas.

Anyway, coba search di youtube Eva Celia yang (ternyata) suaranya bagus dan jazzy banget, Bonita and The Hus Band yang beberapa kali cover lagunya Ismail Marzuki, Dimi (ex Maliq).

Suaranya seru seru banget dan gampang diterima kuping hehe

Happy searching, ya

http://justydarm.blogspot.com


Bakalan di coba deh nyari referensinya.


haha. kalo emang diseriusin, pasti bisa. Ini berlaku untuk memajukan pengetahuan aka musik jazz dan juga main suling. Kali aja bisa gantiin pemain suling soneta. Soneta Jazz. :)


Boleh juga usulnya, nanti akan difikirkan lagi, semoga bung oma masih buka lowongan

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.