0

NGGAK KENAL LIBUR

Posted by Santosa-is-me on 6:42 PM in

Gue berasal dari keluarga yang biasa-biasa aja. Emak gue seorang ibu rumah tangga biasa. Bapak gue juga seorang PNS biasa. Sekarang adek gue juga jadi PNS. Belum ada di keluarga gue yang pernah kerja sebagai pegawai swasta. 

Nah, bagi para PNS ini, semenjak ada kebijakan cuti bersama hari raya, terutama idul fitri seperti sekarang, semuanya dapat kesempatan liburan panjang. Karena itulah selama ini, keluarga gue selalu punya waktu yang lumayan senggang buat silaturahim ke rumah sanak kerabat. 

Tapi, beberapa temen gue, terutama yang berkerja di swasta, ternyata nggak dapat masa libur yang cukup panjang. Mereka, nggka jarang cuma dapat liburan dari kantor sekitar 2 atau 3 hari aja. Oke, buat yang lebarannya nggak pulang ke mana-mana sih, segitu udah cukup lumayan. Tapi buat yang punya kampung halaman dan kepengan mudik, waktu segitu mah nggak cukup. Apalagi kalau kampungnya jauh di mato. 
Pengen mudik nih...
Bahkan, beberapa temen gue ada yang nggak berkesempatan liburan lebaran. Terutama karena masih ada tugas dan kantor. Ada temen gue yang kerja di luar kalimantan, baru bisa mudik setelah hari ke-4 lebaran, lantaran dia masih harus bertugas ngamanin jalur mudik. Maklum temen gue ini seorang polisi, dan di tempatnya bertugas kemaren, emang jadi jalur mudik yang cukup padet. 

Temen gue yang lain ada juga yang nggak bisa liburan. Dia kerja di salah satu BMUN yang ngurusin kapal penyebrangan. Nah karena pas lebaran ini orang-orang mudik pada membludak, termasuk yang naik kapal penyebrangan, temen gue ini dikirim buat jadi tenaga pembantu tambahan. Jadinya, pas lebaran dia justru malah mesti tugas ke luar kota. Nggak bisa liburan dan lebaran bersama keluarga. 
Pantes nggak dateng lebaran ke rumah...

Mungkin yang bernasib sama kayak temen-temen gue ini banyak. Maklum, pekerjaan kayak perawat, reporter televisi atau pilot semuanya mesti tetep masuk pas lebaran. Bayangin gimana jadinya kalo rumah sakit kosong karena semua pada mau lebaran? Atau bayangin gimana kalo kita buka tv, yang ada malah muncul tulisan "MAAF, SEDANG CUTI LIBURAN." 

Gue, juga termasuk yang nggak libur pas lebaran ini. Terutama karena yang namanya Radio tetap harus mengudara biar pun pas lebaran. Karena itulah, terakhir gue siaran sebelum lebaran adalah jam 12 Rabu malam kemaren, pas malam takbiran. Dan gue udah harus masuk lagi pas jumat paginya. Untungnya gue nggak mudik kemana-mana.... 
Kerja di Media, resikonya nggak pernah libur...
Oke, buat yang senasib dengan gue, selamat tetap berkerja di hari libur yo... Tetap semangat dan cintailah pekerjaan kita

***

Yang juga nggak pernah libur adalah demo di Mesir. Semenjak kudeta terhadap presiden resmi Mesir, tiap hari demo-demo digelar. Menuntut dibebaskan dan dikembalikannya sang presiden.

Dan krisis di Mesir sekarang memasuki babak baru. Ratusan demonstran di Kairo tewas karena ditembakin polisi dan militer ketika ingin membubarkan massa yang berdemonstran. Sedih ngeliatnya. Sebegitu mudahnya nyawa orang dihabisi.

Biasanya, aksi revolusi yang udah sampe makan korban kayak gini muaranya cuma dua, tuntutan demonstran terpenuhi, atau bakal jadi perang bersaudara berkepanjangan. Dan bagi gue yang mendadak jadi pengamat perpolitikan Timur-Tengah amatiran ini, pilihan kedua jelas nggak enak. Nggak enak banget.

Tapi yang pasti pak Beye mesti ambil sikap atas kejadian ini. Biar kata Mesir ini jauhnya minta ampun, tapi kita pernah utang jasa sama mereka. Karena Mesir-lah yang dulu pertama kali ngakuin kemerdekaan Indonesia. Pak Beye harus banyak-banyak terima kasih tuh sama mereka.

Oke, sebagai orang awam gue cuma bisa ngedoain. Mudah-mudahan Mesir bisa kembali damai. Let's pray for Egypt.
Let's Pray for Egypt....

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.