0

3 MUSIM

Posted by Santosa-is-me on 12:35 AM in
Bulan Juni - Juli ini lagi ada 3 musim...

Nggak, nggak.... ini nggak ada sangkut pautnya dengan global warming. Bukan juga karena Dajal turun ke bumi terus Indonesia mendadak jadi negara sub tropis. Nggak... lagian ngapain juga Dajal bikin Indonesia jadi negara sub tropis? Biar umat manusia tersesat gitu?

Maksud gue, bukan musim kayak musim panas, dingin, semi atau gugur. Di Indonesia kadang musim itu nggak melulu soal cuaca atau iklim. Tapi lebih ke apa yang sering ditemui, apa yang lagi banyak diomongin orang, sama apa yang lagi banyak dijual orang-orang.

Jadi kalau ada yang bilang musim layangan. Jangan ngebayangin tiba-tiba hujan layangan dari langit. Atau kalau lagi musim rambutan, itu nggak berarti rambut orang-orang lagi pada bertumbuhan. Musim layangan artinya lagi banyak orang main layangan biar kata PLN udah ngelarang. Musim rambutan artinya orang lagi banyak jualan rambutan biar kata itu rambutan impor (kalo impor rambutan dari mana ya?)

Nah untuk bulan Juni - Juli ini ada 3 musim yang bakal kita temui.

Yang pertama, itu musim bola...

Gila, udah piala dunia aja ya... Perasaan baru empat tahun yang lalu piala dunia ya... (ya iyalah, emang empat tahunan kan?), eh sekarang udah piala dunia aja lagi. Pegimanapun, kalo udah namanya piala dunia, semua orang bakal doyan dengan sepak bola. Entah sebelumnya dia kagak ngerti sama sekali dengan bola, di Piala Dunia dia pasti punya jagoan.
Tiada yang lebih indah dari wanita yang suka bola, eh salah wanita solehah maksudnya...
Cuma bagi gue, ada yang nggak enak sama Piala Dunia di Brazil kali ini. Yupz, waktunya nggak asyik banget. Buat orang kayak gue, yang siang harinya masih di isi dengan menjadi salary man (ini bukan saudaranya Superman atau Batman, apalagi Shelly yang biasa nongkrong di pengkolan), jam tanding di Brazil nggak bersahabat banget. Rata-rata mainnya waktu subuh. Paling awal jam 11 malam.

Sebenarnya sih bagus. Harusnya bikin gue jadi semangat sholat shubuh. Biasanya malas-malasan, sekarang jadi semangat karena sekalian mau bangun nonton Belanda lawan Spanyol. Seharusnya malah bisa juga sekalian dengan Sholat Tahajud, Sholat Taubat dan Sholat Istikaroh. 

Tapi nyatanya, kagak gitu juga. Biar kata, udah bangun juga, tetep aja masih malas-malasan. Cuma kalau dulu malasnya gara-gara masih ngantuk, kalo sekarang ini, malasnya karena nungguin hasil akhir pertandingan. Masih penasaran, Iker Cassilas bakal kebobolan berapa gol lagi. Emang bener Tuhan, hamba-Mu yang satu ini emang nggak tau di untung....

Lalu, musim ke-dua adalah musim pemilu. Oke, ini emang agak nggak asyik. Terutama ketika ternyata pemilu atau tepatnya pilpres, cuma di ikuti dua pasangan. Bukan apa-apa sih, cuma gue ingat pesan nabi, kalau berdua-duaan itu yang ketiganya setan.

Hal yang paling bikin kesal itu adalah, ketika pendukung masing-masing capres saling serang, ber-black campaign, dan berdebat nggak jelas. Oke, gue nggak ada urusannya sama Prabowo atau Jokowi. Tapi yang bikin gue jadi kesal adalah ketika saling serang, black campaign, dan saling kritik itu masuk dan memenuhi timeline gue entah itu di facebook atau di twitter.
Ih... mereka so sweet banget ya?
Akhirnya, gue memutuskan meng-unfriend sebagian temen gue yang menurut gue udah agak keterlaluan dalam hal "ngomongin orang." Ya, gue langsung nge-unfriend, nggak pake ngeblock dulu. Soalnya gue nganggep, temen kayak gini mungkin nggak cocok dijadikan temen dunia maya. Mungkin cukup dijadikan teman di dunia nyata aja. Kejam? Emang! Maklumlah, abang emang gitu orangnye dek...

Nah, musim yang ke-tiga adalah musim iklan sirop... Salah, maksud gue musim nyambut puasa. Emang nih, di akhir bulan Juni ini udah masuk bulan puasa. Tau kan artinya? Kolak? Bukan! Takjil? Bukan! Itu artinya bentar lagi udah mau lebaran.... (puasa aja belum udah mikirin lebaran).

Biasanya sih kalo udah mau bulan puasa gini, selain bermunculannya iklan sirop Marjan, juga mulai bertebaran panduan menyambut ramadhan. Entah itu berbentuk video ceramah, buku sampai artikel ngawur dan lucu-lucuan di internet.

Gue kadang heran, kok tiap saban ramadhan muncul terus ya tutorial-tutorial puasa ini? Bukannya puasa itu saban tahun kan? Apa orang-orang yang tahun kemaren puasa tahun ini jadi lupa? Kan nggak?
Puasa kali ini, aku sendirian...
Makanya kadang menurut gue, para pembuat tutorial ini harus sedikit inovatif. Mereka harusnya ada up-date tiap tahunnya. Dikasi ver. kayak di hape atau software gitu. Kan jadi seru, atau bikin edisi repackage dengan tambahan 2 lagu baru (ini ngomongin apaan sih?) Intinya tutorial yang lebih kreatif.

Gue sebagai orang yang selalu menganggap Ramadhan itu spesial juga (seperti biasanya) mungkin akan bikin tips dan trik menyambut ramadhan. Tapi untuk tahun ini mungkin bahasannya akan lebih aplikatif. Misalnya gimana biar bisa tetap sabar berpuasa meski malamnya tim kesayangan kalah dan kita jadi kalah taruhan bola. Atau gimana kita bisa menahan kesabaran saat berpuasa, walaupun ketika pemilu jagoan kita ternyata kalah padahal kita udah bikin black campaign mati-matian, bahkan pake money politik juga sekalian. 

Gue rasa, tutorial yang kayak begitu yang lebih dibutuhkan sekarang kan? Setuju nggak? Harus setuju dong...

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.