2

BERSAHABAT DENGAN JEPANG

Posted by Santosa-is-me on 11:40 AM in
Mencoba bersahabat dengan Jepang! Itulah yang sedang gue lakukan saat ini...

Tahukah kita Jepang pernah menjajah kita sebelum masuk era kemerdekaan? Harusnya sih tau semua ya... Kalo nggak, perlu gue marahin nih guru-guru sejarah. Mungkin mereka terlalu ngefans dengan JKT48 sehingga melupakan penjajahan Jepang di Indonesia.

Terlepas dari itu semua, boleh dibilang budaya Jepang adalah salah satu budaya asing yang cukup populer dengan masyarakat Indonesia. Mulai dari mobil, motor, mesin cuci, istri (lho?), kartun, girlband, makanan hingga bokep yang semuanya asal Jepang cukup akrab buat orang Indonesia (Malah orang Indonesia lebih kenal Miyabi ketimbang PM Jepang. Gue aja nggak tahu siapa PM Jepang...)
ini lho PM Jepang, mirip orang Jepang ya...?
Dan saking ngetopnya Jepang, banyak juga orang Indonesia yang mulai suka ngikutin gaya-gaya orang Jepang. Sialnya mereka malah jarang ngambil budaya orang Jepang yang baik-baiknya kayak gimana mereka menjunjung tinggi harga diri mereka, atau bagaimana etos kerja keras dan disiplin mereka. Yang lebih doyan diikuti orang Indonesia malah kadang cuma Cosplay nya aja... atau paling banter sifat doyan Hentai-nya...

Gue sendiri sebenarnya nggak begitu tertarik dengan budaya Jepang. Oke, gue emang nonton Dragon Ball dari kecil dan emang kepengen merit sama Shizuka. Yah, gue juga ngaku deh gue pernah punya cita-cita jadi Ksatria Baja Hitam dan gue suka Nabilla JKT48. Gue juga suka Melodi JKT48.
Kalau anda kenal komik ini, berarti masa muda anda mesum....
Tapi ya, gue nggak sampe pengen jadi kayak para maniak manga yang rela buat jadi Cosplay, bela-belain jadi tokoh manga yang menurut gue lebih banyak nggak miripnya. Bayangkan aja sih ya, di manga kan manusia bisa abstrak banget. Gimana membuatnya jadi nyata. Rambut kuning, pake baju orange. Untung dia nggak ketahuan sama Ivan Gunawan. Bakal nggak jadi dia jadi Hokage (tapi gue suka para Cosplay cewek yang jadi karakter manga cewek sexy...)

Dan satu lagi, gue juga nggak begitu akrab dengan makanan Jepang. Dan gue juga sebenarnya nggak begitu tahu makanan Jepang apa aja. Tapi gue tahu pasti, orang Jepang makannya pake mulut, bukan pake hidung (ya iyalah...)

Dalam dua bulan terakhir ini, lidah gue akhirnya jadi mulai akrab dengan makanan-makanan berbau Jepang. Makanan khas Jepang yang pertama gue makan adalah Sushi Salmon. Dan itu berakibat trauma. Gila, Sushi Salmon itu ternyata nasi yang dimakan sama ikan Salmon mentah. Dan sampai pada suapan terakhir tuh Sushi, gue nggak ngerti dimana di bagian makanan itu yang bisa di sebut enak. Gue curiga, kelakuan orang-orang Jepang yang suka aneh itu adalah akibat baru selesai makan Sushi.

Setelah itu gue nyaris berhenti. Tapi ternyata Tuhan berkata lain. Saat makan sama temen gue, ternyata dia mesan makanan khas Jepang juga. Gue nggak tahu namanya, tapi lebih terlihat seperti nasi, sayur dan lauk-lauk yang diatur sedemikian rupa di sebuah kotak makanan. Soal rasa sih masih bisa di terima. Walau menurut gue biasa aja.
Namanya Bento Set, kurang lebih sama dengan Nasi Bungkus kalo di Indonesia
Baru kemudian gue ngerasain makan Ramen. Nah makanan yang satu ini menurut gue lumayan sesuai selera lidah gue. Rasanya enak. Walau pasti deh, menu Ramen yang gue makan udah nggak benar-benar asli karena kalo yang asli mereka pasti harus menggunakan daging yang nggak halal (bukan daging hasil maling lho maksudnya). Tapi tuh warung tempat gue makan pasang label halal. Gue sih percaya-percaya aja.
Tuh, ada tulisan halalnya kan?
Yang juga cukup enak adalah camilan khas Jepang bernama Takoyaki. Ini makanan yang udah pengen banget gue makan dari dulu. Pengaruh sering ngeliat makanan ini di komik Doraemon (iya, gue emang korban Komik). Gue udah nyobain Takoyaki di dua tempat. Walau belum ada yang benar-benar bisa memuaskan gue, tapi lumayanlah. Cuma gue masih ragu, apa Takoyaki yang gue makan itu make gurita juga kayak aslinya. Entah sih, cuma rasa-rasanya nyari gurita susah di sini. Mungkin diganti dengan yang mirip, kayak cumi-cumi, sotong atau tetangga yang nyebelin (eh....?)
Ini restoran Jepang, tapi dekorasi eropah....
Yah, inilah gue yang sedang bersahabat dengan Jepang. Cuma makanannya sih. Tapi cukuplah bagi gue buat memastikan bahwa gue lebih doyan makanan Indonesia. Juga dengan cewek Indonesia.

Kalau dengan Sora Aoi?

Hmmm................ Argh kalo yang itu gue nggak bisa milih suka yang mana, please jangan tanya....!!!


2 Comments


Jadi ingat semalam abis nonton The Last Samurai hehe


Ya namanya berbau jepang memang seru, kalo makanan juga saya suka model shabu dan yakiniku.

Salam kenal,
kunjungan balik ke Box Makanan

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.