0

JADI BERITA

Posted by Santosa-is-me on 8:18 AM in
Pontianak, kota gue ini, bisa dibilang jarang bisa masuk ke televisi. Jarang banget. Maklum aja kota gue cuma sebuah kota kecil dipinggir barat pulau Borneo. Kagak ada artisnya. Kagakk ada cakep-cakepnya selain gue sendirian....

Kadang gue berasa nggak adil juga ngeliat televisi-televisi nasional itu. Masak iya yang diberitain itu Jakarta melulu. Padahal Jakarta itu nggak seberapanya luas Indonesia. Bahkan 1 persennya aja nggak nyampe. Tapi pemberitaan soal Jakarta selalu mendominasi media. Yah, memang sih Jakarta banyak artisnya, banyak cewek cakepnya dan juga ada Jokowi, tapi ya nggak boleh gitu juga dong kan? Ingat kata Abdur SUCI4 bilang bagaimana bisa kelebihan air di Jakarta (banjir) diliput sementara kekurangan air di NTT sana selalu luput. Dimana letak keadilannya?
"Mereka kelebihan air diliput, kami kekurangan air luput," - Abdur
Kalo difikir-fikir lagi, ada dampak buruk dari hal ini lho. Segala sesuatu jadi Jakarta sentris. Semua-semuanya yang datangnya dari Jakarta dianggap lebih gaul dan lebih keren. Padahal kan nggak gitu-gitu juga. Jakarta mah banyak juga nggak asyiknya. Orang yang norak juga banyak di sana.

Bayangkan, orang-orang daerah banyak yang sekarang ber-elo gue elo gue. Padahal betawi aja bukan, bahkan nginjakin kaki aja ke Jakarta belum pernah. Mereka menganggap ber-elo gue elo gue itu sesuatu yang gaul dan cool, padahal banyak yang bilang elo gue itu nggak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik. Gue aja nggak tau guru Bahasa Indonesia gue dulu bakal bilang apa kalo dia ngeliat blog gue ini (sumpah, gue cuma ber-elo gue gini di blog aja. Di dunia nyata sih nggak).

Tapi ya udah deh. Gue juga bukan lagi mau bahas soal Jakarta. Tapi gue pengen cerita soal kota gue Pontianak yang tadi masuk berita. Yup, tadi di salah satu stasiun televisi yang isinya berita doang, kota gue yang jarang masuk tipi dan berita ini muncul. Sialnya beritanya rada nggak enak: Pertikaian antar mahasiswa alias tawuran. Ya ampun, sekalinya masuk berita entah kenapa yang ada malah berita nggak enak begini.

Tapi rusuh antar mahasiswa begini bukan cuma sekali dua kali terjadi di salah satu kampus negeri di Pontianak itu. Udah beberapa kali, mulai dari gara-gara urusan pribadi rebutan cewek, kalah tanding bola, atau kayak yang terakhir kemaren ribut-ribut karena masuk batas wilayah fakultas laen. Yah, emang rada nggak lucu sih, tapi itulah kenyataannya. Ternyata masih banyak mahasiswa yang lebih mengutamakan otot dibanding otak. Mereka ini kalo ujian juga mungkin ngandelinnya otot juga, ketimbang otak.
Suasana setelah bentrok, foto dari Tribun Pontianak
Tapi syukurnya nggak ada korban jiwa. Ada yang luka dari pihak kepolisian yang mengamankan kejadian tersebut. Tapi kemudian situasi dapat dikendalikan. Gue nulis ini setelah tadi keliling-keliling memantau langsung tempat kejadian. Jalannya masih ditutup sama polisi. Dan nampak beberapa mahasiswa senior masih ditanya-tanya pak polisi. Sayang gue nggak punya kartu pers jadi nggak berani minta izin sama polisi buat masuk lebih dalam lagi, padahal kepengen banget.

Gue berharap ke depannya kejadian kayak gini nggak terulang lagi, walau sebenarnya gue rada pesimis sih. Selama mental mahasiswa nggak berubah. Dan cara paling mudah untuk ngeliatnya ya cukup dari gimana cara ospeknya dilaksanakan. Kalo modelnya masih sama-sama aja kayak dulu, ya mental mahasiswanya juga ya gitu-gitu aja.
Semoga cerita dari UNTAN isinya yang baik-baik saja...
Emang sih gue kepengen liat Pontianak lebih sering masuk berita. Tapi tentu saja berita yang positif dan yang bentuknya prestasi. Bukan yang jelek-jelek melulu. Makanya gue lebih doyan dengerin radio, soalnya di radio berita soal kota gue jauh lebih banyak. Dan nggak melulu semuanya yang jelek-jelek doang...

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.