0

WHY DANGDUT, WHY?

Posted by Santosa-is-me on 3:02 PM in
(Sorry dulu kalo judulnya rada ngasal. Emang sengaja sih sebenarnya...)

Gue orang yang open mind sama berbagai jenis musik. Mulai dari metal underground hingga kasidahan, semua gue dengar. Dari Dream Theater hingga Raihan gue dengerin. Nggak semuanya gue suka emang, tapi gue selalu punya kesimpulan soal musik itu soal selera, nggak bisa dipaksa.

Gue sendiri akhirnya bisa mendeteksi musik kayak gimana sih yang gue suka. Sebagai manusia pencinta kata, gue cenderung suka lagu-lagu yang punya lirik dalem dan penuh makna. Jadi jangan heran, musik yang gue demen itu kayak lagu-lagunya Om Ebiet G Ade, Tulus atau Payung Teduh, yang nggak cuma secara musik mereka bagus, tapi secara lirik lagu juga keren. Dan gue sampe sekarang masih nggak bisa nikmatin musik-musik yang pake scream, yang menurut gue susah dibedain antara mereka lagi nyanyi atau lagi ketakutan dikejar setan.

Nah, salah satu jenis musik yang paling digemari di Indonesia adalah musik dangdut. Konon ada yang bilang Dangdut is the music of my country. Padahal kalo diliat sejarahnya, dangdut nggak bener-bener asli Indonesia, juga ada influence dari musik arab, india dan melayu.

Untuk dangdut, bagaimanapun nggak akan bisa dipisahkan dengan bung Haji Rhoma Irama kita yang gagal nyapres kemaren. Boleh dibilang bung haji ini bapaknya musik dangdut. Dia bahkan juga dapat gelar Profesor (walau katanya cuma honoris causa) dalam bidang musik dangdut. Makanya seharusnya kemaren, kalo ada yang pengen punya presiden yang profesor harusnya milih bang haji ini. Apalagi beliau berjanji menghapuskan judi, mirasantika, dan menggalakkan lari pagi dan terajana (apa sih?)

Tapi sebenarnya ketimbang bung haji, gue lebih demen alm om Meggy Z. Alasannya seperti yang gue bilang sebelumnya, lirik-lirik lagu beliau jauh lebih indah ketimbang bang haji yang menurut gue lebih sederhana dan simpel. Coba aja simak lirik lagu Mahal ini:


See? Menurut gue, lagu ini liriknya jenius banget. Penuh metafora dan perumpamaan. Bayangin siapa sih yang kepikiran masukin kalimat "Katanya tebu manis airnya, kucoba tanam di pinggir hati. Tumbuh memang tumbuh, sayang sayang sayang, tebu berduri menusuk hati," ke dalam lagu?
Itu belum seberapa. Lagu lain juga nggak kalah keren. Bahkan lebih keren. Misalnya di lagu Senyum Membawa Luka:


Lagu ini menurut gue puitis banget. Ceritanya sih tentang patah hati dan berasa galau banget deh kalau denger lagunya. Mungkin era-era ibu-bapak gue dulu kalo lagi patah hati atau cintanya ditolak mungkin dengernya lagu-lagu om Meggy ini. Sebenarnya ngebayangin om-om tua lagi galau parah itu geli banget. Tapi om yang satu ini beda banget. Nontonin dia, bawaanya kita jadi iba. Beliau seolah gambarannya betapa cinta itu kejam. Sampe usia segitu masih aja digalau oleh cinta.

Tapi dari semua lagu bang Meggy Z, gue paling suka lagu Jandaku yang menurut gue paling epik diantara semua lagu bang Meggy.



Bukan lantaran gue suka Janda. Tapi bagi gue lagi ini melengkapi penderitaan beliau. Sudah sering patah hati, dikhianati cintanya, lalu susah pula move on sama jandanya. Haduh, pelik hidupmu bang. Mungkin itu juga sebabnya beliau dipanggil Tuhan duluan. Tuhan sayang dengan beliau, nggak kepingin bang Meggy sedih terus (Enggak deng, itu mah udah takdirnya kali. Jodoh, rezeki dan maut kan ditangan Yang Kuasa).

Oke, pokoknya gue suka lagu-lagunya bang Meggy. Tanpa mengecilkan peran bang Rhoma dan pedangdut pria lainnya, bang Maggy Z adalah salah legenda musik dangdut Indonesia. Kekurangan beliau mungkin cuma karena bukan beliau sendiri yang nulis lagunya. Beda dengan bung Rhoma yang hampir semua lagunya dia bikin sendiri. Tapi kalau soal galau mah, bang Meggy galau banget...
Sang legenda dangdut, duta galau Indonesia...
Tapi bukan hanya bung Meggy yang punya lirik yang keren. Kebanyakan lagu dangdut jaman dulu punya lirik yang puitis dan dalam. Sebut aja misalnya lagu Selamat Malam-nya Evie Tamala, Cinta Bercabang-nya Titiek Nur, atau Merpati Putih-nya Ike Nurjanah. Semuanya menghadirkan nggak cuma musik dangdut yang asyik, namun juga lirik dengan kosakata-kosakata asyik yang nggak pasaran.

Nah, kenapa gue mendadak jadi ngomongin dangdut? Jadi ceritanya kemaren gue secara nggak sengaja gue nonton acara dangdut di televisi yang entah pegimana mulai marak lagi. Ternyata bener prediksi temen gue di awal tahun kemaren, tahun ini bakal jadi tahunnya musik dangdut.

Gue boleh dibilang gagal move on dengan musik dangdut jaman dulu. Jadi gue kagak begitu terlalu update dengan penyanyi dangdut masa kini juga lagu-lagu dangdut masa kini. Dan kemeren gue nonton, seorang penyanyi dangdut yang entah siapa, cewek, nyanyiin lagu dangdut yang entah apa, cuma yang pasti di sepanjang lagu dia banyak bilang Masbuloh, masbuloh gitu.

Bukan cuma itu, tuh lagu juga liriknya menurut gue nggak banget. Entah kenapa, pas mendengar lagu itu, gue ngerasa lagu tersebut udah ngerendahin musik dangdut. Emang nggak separah beberapa lagu dangdut yang punya lirik rada nggak senonoh, cuma ya gitu deh, liriknya juga menurut gue nggak berkualitas. 

Kayak gini lah liriknya kira-kira (ini hasil gue googling dengan keyword masbuloh masbuloh):

Ku hitung hitung pacarku ada 5
Bermacam macam berbagai suku bangsa
Apakah salah buat koleksi saja
Yang penting bisa ngatur jadwal apelnya

Repot repot saya
Pusing pusing saya
Kok malah kamu yang gelisah…

E masbuloh
Emang masalah buat loh
Pacarku banyak
Emang lagi cari jodoh

E masbuloh
Emang masalah buat loh
Cowok ku banyak buat happy happy aja

E masbuloh
Emang masalah buat loh
Pacarku banyak
Emang lagi cari jodoh

E masbuloh
Emang masalah buat loh
Cowok ku banyak buat happy happy aja

Ku hitung hitung pacarku ada 5
Bermacam macam berbagai suku bangsa
Apakah salah buat koleksi saja
Yang penting bisa ngatur jadwal apelnya

Repot repot saya
Pusing pusing saya
Kok malah kamu yang gelisah…

E masbuloh
Emang masalah buat loh
Pacarku banyak
Emang lagi cari jodoh

E masbuloh
Emang masalah buat loh
Cowok ku banyak buat happy happy aja

Astagfirullohalazhim....  Gue nggak tau kalo orang laen sih. Tapi kalo bagi gue sih, lirik lagu ini nggak banget. Isinya cerita pula tentang cewek yang punya banyak pacar. Terus nggak peduli begitu ada orang yang mau nasehatin. Gila, mau ngajarin para anak cewek buat jadi playgirl? Benar-benar nggak mendidik.

Bukan cuma lagu ini aja. Gue denger lagu-lagu macam ABG Tua, Aku Rapopo, sampai Goyang Oplosan bikin dangdut kehilangan sentuhan keindahannya terutama dari segi bahasa. Apalagi banyak dari lagu-lagu tersebut nggak juga mengajarkan sesuatu yang baik (Yah, walau lagu-lagu jaman dulu juga nggak ngajarkan yang baik juga, mengajarkan galau berkepanjangan).

Belum lagi penyanyi dangdut cowoknya sekarang semua jadi model kayak Thomas Djorgi, Benigno, dan Saipul Jamil. Gue nggak tau kenapa, dan mungkin ini rada subjektif, tapi gue nggak suka dengan penyanyi dangdut cowok jaman sekarang. Gue lebih rindu penyanyi cowok kayak Meggy Z, Muchsin Alatas, Mansyur S atau minimal Imam S Arifin.
Imam S Arifin itu satu orang, bukan duet Imam sama si Arifin, oke?
Entah mengapa dangdut sekarang begini amat sih? Ada yang bilang dangdut itu musiknya kaum midle low, tapi please deh jangan juga bikin dangdut jadi murahan. Gue pengen dangdut yang kayak dulu, egaliter tapi nggak kehilangan sentuhan keindahannya. Menghibur namun tetep nyeni....

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.