0

TARAWEH

Posted by Santosa-is-me on 3:15 PM in
Selama bulan puasa kemaren gue emang nggak sempet update nih blog. Maklum, sibuk ibadah (padahal ibadah gue yang paling sempurna di bulan ramadhan palingan Cuma tidur. Tidurnya orang puasakan ibadah, hehehe). Karena itu, mumpung masih di bulan syawal, gue mohon maaf ya, karena jarang ngeblog lagi.

Ngomong-ngomong soal bulan puasa, gue adalah orang nganggep bulan puasa sebagai bulan yang nggak biasa. Jelas aja nggak biasa, karena di bulan ini kita jadi harus bangun sahur. Kalo anak kost, hitungannya jadi gini: Makan mendadak jadi cuma jadi satu kali sehari, pas buka puasa doang (maklum sahurnya sering kelewatan).

Nah di bulan puasa ini ada yang namanya sholat taraweh. Seperti yang sering orang-orang bilang, bulan puasa adalah bulan untuk meningkatkan amal ibadah. Makanya bagi gue sebenarnya sih wajar-wajar aja kalo kemudian sholat taraweh itu jumlah rokaatnya agak banyakan (ada yang 11 rokaat, ada yang 23 rokaat, bahkan katanya ada yang lebih dari itu) meski kadang bikin kaki gemeteran.



Hati-hati maling sendal...
Cuma ada satu hal yang gue simpulkan dengan sholat taraweh terutama di sekitar tempat tinggal gue. Ternyata jumlah rakaat sholat taraweh itu berbanding lurus dengan kecepatan bacaan imam seholat taraweh. Semakin banyak jumlah sholat tarawehnya maka makin cepat juga bacaannya.

Gue ini termasuk orang yang bertipe minimalis, karena itulah biasanya sholat taraweh gue milih yang minimalis juga, yg 8 rakaat (yups, gue emang orang yang konsisten, makanya jangan ragu milih gue pas pilkada ntar). Nah pas tahun lalu, gue sempet ngadain acara baksos ke salah satu daerah. Gue dan temen gue udah pernah ke sana sebelumnya jadi kita berdua udah di kenal sama orang-orang sana. Ceritanya kita berdua diajak makan malam dulu sama penduduk habis buka puasa.

Nah selesai makan, udah masuk isya. Dan karena itu bulan puasa, abis isya pasti ada sholat taraweh. Para pendudukpun lalu ngajak gue dan temen gue sholat isya.

Penduduk : Ayo mas kita sholat isya dan taraweh di mesjid
Gue & temen gue : Kita sholat isya aja pak, takut kemalaman pulangnya, biar tarawehnya di rumah aja
Penduduk : Sholat tarawehnya di sini aja mas, nggak lama kok
Gue & temen gue : memang kalo di mesjid sini sholat tarawehnya berapa rakaat
Penduduk : 23 rakaat mas

Sampai di sini gue sama temen gue saling pandang. Bukan lantaran kita saling menyintai (sialnya temen gue waktu itu COWOK!!!). Tapi kita cuma mikir, kalau 23 rakaat bakal malam banget nih selesainya. Tapi mungkin karena melihat keraguan di mata kami, si bapak-bapak lanjut ngomong.

Penduduk : nggak lama kok mas, palingan cuma 15 menit

Asli gue bengong. Jangan-jangan di kampung ini waktu berjalan lambat banget. 3 jam di dunia luar sama dengan 30 menit di kampung ini. Gila aja! Sholat taraweh 23 rakaat cuma 15 menit. Itu apa yang dibaca?

Karena itulah, bagi gue, sholat taraweh bukan soal kuantitas. Nggak masalah mau sholat berapa rakaat doang, yang penting khusuk dan khidmat. Ketimbang banyak-banyak tapi sholatnya kayak orang lagi senam. Cuma gerak-gerak doang tapi nggak ada maknanya. Kalau kayak gitu mending senamnya bareng Fenny Rose, mata bisa ikutan seger, hehehehe.
Fenny Rose ngajakin kita semua senam

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.