0

SADNESS AND HAPPINESS

Posted by Santosa-is-me on 11:03 PM in
Apa yang kita pikir soal kesedihan dan kebahagiaan? Yang pasti, yang pertama selalu kepengen kita hindari dan yang kedua selalu kepengen kita dapatkan. Tapi gue selalu percaya yang pertama dan yang kedua ini selalu datang silih berganti.

Kebahagiaan dan kesedihan, datang lalu pergi....
Sekedar kabar sedih, banyak yang meninggal kemaren-kemaren. Bibi gue, Olga Syahputra, Mpok Nori, dan Farhat Abbas. Yang terakhir belum meninggal sebenarnya, cuma banyak yang ngedoain, entah kenapa. Tapi selalu saja, yang namanya kematian pasti akan menghadirkan kesedihan. Gue tau banget soal itu. Gue sendiri pernah ngerasa gimana kehilangan salah seorang terpenting dalam hidup gue. Dan ketika itu gue ngerasain gimana rasanya kesedihan. Kesedihan yang boleh dibilang sampai bikin gue jatuh ke bawah.

Gue sadar banget, gimana kesedihan itu mampu menjadi penghancur yang sangat-sangat menakutkan. 

Di lain sisi, ada yang namanya kebahagiaan. Uniknya, kebahagiaan ini sebenarnya sederhana. Gue sendiri ngerasa, kebahagiaan itu tidak perlu hal-hal yang sangat besar. Dia berwujud hal-hal yang simple dan sangat-sangat sederhana sekali. Ngumpul sambil tertawa bareng teman-teman, nemuin anak orang yang nggak rewel dan enak diajak main, makan cireng yang enak, bahkan sekedar dapat kabar bahwa teman memutuskan berjilbab.


Bahkan makan sepotong cirengpun bisa mendatangkan kebahagiaan...
Kebahagian adalah candu yang mampu mengantar ke puncak sensasi dalam pencapaian kehidupan. Kebahagiaan adalah pencapaian tertinggi kehidupan, hanya setingkat dibawah masuk surga. 

Tapi nggak ada yang namanya kebahagiaan abadi dan nggak ada yang namanya kesedihan abadi. Seperti musim, dia datang kemudian pergi, untuk kemudian datang lagi lalu pergi lagi. Nggak ada kebahagiaan dan kesedihan yang menetap. Jadi menurut gue, kalau kita berani hidup maka kita juga harus berani berdamai dengan kesedihan, dan ikhlas ketika kebahagiaan harus pergi juga.

Karena itulah tiap detik dalam hidup harus terasa berharga. Mau itu berwujud kesedihan ataupun kebahagiaan, ia akan memberi hasil, mungkin tidak selalu berwujud kesyukuran, tapi terkadang menjadi pembelajaran. Dan dua-duanya penting dalam hidup.

Maka pada akhirnya yang terpenting adalah kesabaran. Ketika berhadapan dengan rasa sedih, maka bersabarlah karena kesedihan itu akan pergi pada akhirnya. Akan ada hadiah Tuhan yang bakal hadir dalam wujud kebahagian. Begitupun ketika kebahagiaan itu sedang dinikmati, tanamkan kesabaran karena ingatlah bahwa Tuhan tidak akan membiarkan-Mu begitu saja. Dia akan mengujimu sedemikian rupa. Bukan untuk membuatmu susah atau sedih, tapi Dia hanya sedang menyiapkan dirimu agar pantas mendapat sesuatu yang lebih tinggi dari kebahagiaan. Dan juga lebih abadi.

Sesuatu itu namanya Surga.


Udah sabar aja.....

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.