2

VIDEO PNS BANDUNG

Posted by Santosa-is-me on 10:38 AM in
Oke, gue lagi mau bahas PNS nih...

Beberapa waktu belakangan ini obrolan disekitar gue lagi ramai membicarakan soal PNS. Mulai dari video PNS Kota Bandung yang bikin heboh banyak orang, pendaftaran CPNS yang makin dekat, temen-temen gue yang mulai banyak ngeluh karena formasi CPNS buat jurusannya yang nggak banyak, hingga warning dari Walikota gue buat jajaran aparatnya yang suka keliaran keluar kantor di jam kerja.

Oke, kita bahas satu-satu. 

Soal video PNS Bandung sayangnya gue belum punya. Gue udah cari dimana-mana nggak ketemu. Sampe ke tukang VCD bajakan juga kagak ada. Yang ada gue malah ditawarin Shasa Grey (Yang tau pasti sering nonton ya?)

Nggak deng, gue nggak ada nyari kok (Beneran, sumpah gue nggak nyari. Masak kagak percaya sih?). Beneran gue nggak nyari. Yaelah, nggak percaya amat sih? Lagian gue sekarang udah tobat nyari yang begituan... Jadi gue nggak nyari, cuma minta aja ke yang udah download duluan (nggak sumpah, gue nggak punya videonya).
Nih gue bagi fotonya satu aja, jangan minta lagi...
Tapi sebagai orang yang melek berita, sedikit banyak gue denger lah tentang ini. Dan informasi yang gue dapat, konon katanya si PNS ini lumayan cakep. Bahkan pernah jadi istrinya salah satu anak band (Beneran, kali ini bukan Ariel Noah, tapi masih ada hubungan sama Ariel Noah), dan konon kabarnya dia sebenarnya bukan PNS. Sekali lagi, bukan PNS. Cuma pake seragamnya aja doang.

Oke, kita nggak usah terlalu panjang ngomongin kasus ini. Nggak baik buat gue yang udah bertobat. Kecuali kalo ada yang mau ngasih link buat downloadnya...

Lalu, soal penerimaan CPNS. Ini emang selalu seru tiap saban tahun. Maklum aja, PNS memang selalu jadi perkerjaan yang diburu banyak orang. Gue nggak tau kenapa. Padahal kalo dipikir-pikir lagi, jadi PNS nggak enak. Mereka nggak bisa mencalonkan diri jadi Presiden. Padahal kan semua orang kepengen jadi presiden.

Memang selama ini ada idiom yang melekat di masyarakat bahwa jadi PNS itu enak, kerjanya santai, gaji stabil, dan dihari tua dapat jaminan berupa pensiun. Wajar juga sih sebenarnya. Tapi apa iya begitu enaknya jadi PNS? Nyatanya nggak juga. Banyak juga kok ruginya jadi PNS.

Coba aja deh tengok 10 orang terkaya Indonesia, ada nggak yang berlatar belakang dari PNS? Kagak ada. Emang ada om Chairul Tanjung yang jadi pegawai bergaji negara, tapi itu untuk jabatan mentri. Dan mentri itu jabatan politik bukan jabatan karir. Dan lagian, om CT kan jadi kaya karena jadi pengusaha bukan gegara jadi mentri.
Yang mana diantara mereka yang PNS?
Selain itu, jadi PNS juga berarti harus merelakan diri untuk bersabar dengan jenjang karir. Kalo di swasta, semakin berprestasi seseorang, maka makin cepat juga jenjang karirnya. Makanya nggak jarang kita nemu orang-orang umur 30-an atau 40-an udah jadi menejer atau CEO di perusahaan swasta, apalagi kalo perusahan itu milik bapaknya sendiri. Sementara PNS, jarang ada kepala dinas apalagi wakil mentri yang usianya muda. Yah kecuali di dibeberapa tempat yang dianggap "nggak basah."

Dan satu lagi nggak enaknya jadi PNS adalah harus siap ditempatkan di mana saja. Indonesia yang luasnya segede gaban, bikin para PNS seringkali harus bermutasi ke daerah yang jauh ke pelosok. Dan buat mereka yang udah terbiasa hidup di kota, nggak jarang bakal cepat merasa home sick. Mall kagak ada, Sevel juga kagak ada, bahkan teaternya JKT48 juga nggak ada. Belum lagi harus pisah dari bapak, ibu, anak, istri. 

Soal mutasi ini bukan perkara sederhana. Terutama yang jadi PNS di kementrian pusat yang rutin ditempatkan di daerah. Biasanya mereka mengalami mutasi secara berkala. Pengalaman temen gue, dia jadi susah buat punya aset. Mau beli rumah percuma, karena nggak lama juga mesti pindah lagi. Mau beli mobil atau sepeda motor gede, ntar susah dibawanya pas pindah. Dan ini tidak jarang terus berlangsung hingga nanti pensiun.

Gue sendiri termasuk orang yang nggak begitu kepengen jadi PNS. Dalam cita-cita hidup gue, gue cuma punya 3 opsi jalan hidup:
1. Jadi pengusaha
2. Jadi penulis
3. Jadi Ksatria Baja Hitam

Eh, gue berubah pikiran, gue pengen jadi PNS deh kalo gini!!!!!
Jadi sebenarnya PNS itu nggak pernah masuk opsi hidup gue dari dulu. Tapi gue nggak anti PNS. Bapak gue adalah PNS. Adek gue juga PNS. Gimana mungkin gue benci sama PNS. Tapi jujur, gue kadang suka jengkel aja kalau ada orang yang jadi PNS itu karena merasa perkerjaan ini nyantai. Apalagi kalau ada yang mikir bisa ngambil keuntungan nggak halal dari posisinya sebagai PNS. Gue doain orang-orang yang kayak begini nggak akan pernah keterima. Dan gue doain mereka-mereka yang keterima ntar adalah yang benar-benar berkepribadian sebagai abdi negara. Siap mengabdi untuk bangsa dan negara dan yang nilai PKN-nya dulu 100.

Dan terakhir, buat yang belum tahu aja, bapak walikota gue sekarang udah punya twitter. Akunnya @BangMidji. Menurut gue ini adalah cara yang lumayan efektif buat para pemimpin agar jadi lebih dekat dengan rakyatnya. Sekaligus jadi cara yang mudah buat menjaring aspirasi masyarakat.

Nah soal yang berhubungan dengan PNS, jadi kemaren temen gue ngelaporin ke pak walikota via twitter bahwa banyak PNS yang berkeliaran di luar kantor padahal masih jam kerja. Nah kerennya, pak walikota gue menanggapi laporan temen gue ini dengan baik. Bahkan beliau nyuruh foto aja tuh PNS dan mention ke beliau. Ntar bakal dipajang oleh beliau.


Hati-hati ya buat para PNS kalo ada yang minta foto bareng...
Nah, karena sekarang smartphone udah semakin canggih, maka berhati-hatilah para PNS. Siapa tahu ntar ada yang bakal ketangkap kamera dan kemudian nangkring di twitternya pak walikota. Yah, pokoknya hati-hati aja deh ya... sekarang udah banyak CCTV berwujud manusia.... Gue salah satunya hehehehe...

2 Comments


Hahahah...pinter banget booongnya....hahahahah

azizkerenbanget.blogspot.com

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.