0

TANDA-TANDA MAU RAMADHAN

Posted by Santosa-is-me on 4:50 PM in

Wew, Ramadhan udah dekat ternyata...
Buat gue dan temen-temen muslim yang lain, udah pasti menganggap bulan puasa itu bulan yang sangat istimewa. Istimewa ibadahnya, istimewa makannya, pokoknya istimewa segala-galanya. Bahkan temen-temen gue yang non muslim aja banyak yang juga ikut menanti-nantikan datangnya bulan Ramadhan, walau mereka nggak ikutan puasa. Nuansa di bulan Ramadhan selalu unik, itu juga yang mereka rasakan walau nggak ikut menjalankan ibadahnya.
Nah biasanya kalo udah dekat Ramadhan ini selalu ada tanda-tandanya yang mulai keliatan. Bukan, bukan tanda-tanda alam kayak ada sinar dari langit utara atau bulan terbelah jadi dua (ini tanda apa mukjizat?), tapi hal-hal biasa yang bikin kita ngeh, oh bentar lagi udah mau bulan puasa nih...
Cuma belakangan ini, tanda-tanda itu kayaknya udah mulai lekang oleh zaman. Contoh: sinetron Religi. Jaman dulu, kalau sinetron religi udah muncul di televisi-televisi, gue langsung tahu oh bulan puasa udah deket. Gue masih ingat bener sinetron-sinetron jaman dulu macam doaku harapanku, pemaen krisdayanti yang ceritanya menderita banget mulai  tayang sekitar sebulan atau dua bulan menjelang Ramadhan. Tapi sekarang mbak KD udah jadi milik Raul Termos, jadi udah nggak menderita lagi, yang itu zamannya masih sama Anang (nggak nyambung).
Jaman dulu, siapa nggak kenal lagu ini?
Tapi kalo zaman sekarang, sinetron religi menjelang Ramadhan udah nggak ada lagi. Yang ada sekarang, nggak peduli mau Ramadhan atau mau kiamat, sinetron religi ada. Bahkan durasinya bisa gila-gilaan. Mulai dari yang judulnya Haji KTP sampe yang Tukang Bubur Masuk Islam.  Dari yang pemainnya Ustadz Solmed sampe Samuel Zylgwin. Dari yang ceritanya rocker belajar islam sampe yang nampilin cowok gondrong yang kerja jadi kuli bangunan pun masih pake peci dan baju koko.
Tanda-tanda lainnya adalah banyak musisi yang mulai bikin lagu Religi. Jaman dulu, kalo Opick sama Gigi udah ngeluarin album, itu tandanya Ramadhan udah deket. Sekarang lebih parah, semua musisi udah ada bikin lagu religi. Bahkan yang penyanyi dangdut koplo seksi sekalipun. Cuma belakangan menurut gue, musik kita terlalu mainstream. Gue sebagai orang yang anti mainstream jadi males ngikutinnya. Paling yang gue ikutin itu Cherrybel sama JKT48. Juga SM*SH. Serta Cowboy Junior (anti mainstream apaan...?)
Bukan cuma Sulis yang bisa...
Akibatnya, gue nggak tahu sekarang musisi mana aja yang udah ngeluarin lagu religi mereka. Yang gue denger sih Dewa Bujana dan Regina Idol udah mau ngeluarin album. Cuma mereka kan bukan muslim, jadi kayaknya album religi mereka bukan dalam rangka menyambut Ramadhan deh...
Tapi ternyata emak gue punya cara tersendiri buat menyadari kalo Ramadhan udah deket. Katanya, kalau makin dekat dengan Ramadhan di televisi makin banyak iklan sirop. Dan waktu gue coba buktikan kata-kata emak gue, ternyata yang ada iklan obat nyamuk yang makin banyak. Itu tanda mau apaan ya...?
Semoga Ramadhan tetap bersedia menjumpai kita...



0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 BIG RHINO WHO WANTS TO FLY All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.